Tuesday, October 27, 2009

domestic helper

ga masuk akal!
masih seputar orang2 yg sangat berjasa dalam membantu kita sehari2 di rumah...
*sigh*
sejak usai lebaran, udah 3 orang pembantu yg cabut dari rumah, dgn alesan ga betah, ga bisa ngurus kanaya, ga sanggup menghadapi kelakuan kanaya....
OK, alesan2 itu hak mereka... gw sbg majikan ga bisa memaksakan apalagi menjelaskan bahwa kanaya memang sedang mengalami perubahan dalam fase kehidupannya...
capek. capek ngajarin hal2 serta kebiasaan2 dlm rumah kami...
kembali ke kalimat yg paling atas, ga masuk akal itu adalah harga yang harus kami bayar untuk mengambil pekerja di sebuah yayasan di kawasan bintaro dimana kami sudah menggunakan yayasan ini selama kurang lebih 2,5 thn...
pertama kali kami menggunakan yayasan penyalur PRT dan Nanny tsb kami harus mengeluarkan 650ribu dari kocek kami untuk mengambil 1 org pekerja ditambah gaji 1 bulan pertama mereka, i.e : nanny E yg gw ambil waktu itu digaji 600ribu/bln plus uang cuti 100rb/bln, jadi kami harus menyerahkan 1,250,000 perak ke yayasan! dgn HARAPAN nanny E bisa menjalankan tugasnya sebagaimana pengasuh balita yg baik, jujur, bersih, rajin dan sabar. Alhamdulillah setahun kontrak berjalan dgn baik. kemudian 3 bulan sebelum lebaran kemarin, kami mengambil seorang nanny lagi sebagai pengganti pembantu yg udah resign krn alasan mau nikah. saat itu uang administrasi naik menjadi 1jt. glek. gaji nanny N 700rb+100rb, dgn harapan 800rb ini sesuai dgn hasil kerjanya. kenyataannya kwalitas kerja nanny N jauhh dibawah nanny E yg dulu... tapi gw harus tetap bersyukur setidaknya dia mau membantu gw dlm mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya... ditambah lagi saat2 di awal kehamilan gw, gw ga bisa ngapa2in, termasuk mengurus naya... usai lebaran nanny N tidak balik karena "pengaruh" dari abangnya....hhhh.... sbg pengganti nanny N, kami mengambil prt S, dgn gaji 550rb... kerjaan ga OK, bertahan 10 hari di rumah gw... ceritanya jg membuat gw makin "ga nyaman" lagi berkantor :(( alhamdulillah yg penting naya ga diapa2in...
prt S pergi, penggantinya prt R, plus gw ambil 1 org prt lg, prt L... kali ini gw musti nyerahin 1,2jt sbg adm fee... makin parah, yg satu ga bisa nyalain kompor (gaji 500rb), yg satu gaji 600rb tp yaaah rumah msh tetep kayak ga ada pembantunya alias berantakan.... cuma bertahan 3 hari.
currently, kita dapet nanny D, dengan gaji 900rb + 100rb =1 jettt bo!
bismillahirrahmanirrahim, semoga nanny D kerja dgn baik, ga macem2 dan yg paling penting jujur dan ikhlas kerja di rumah kami....
intinya, hari gini semua yg udah gw tulis diatas itu emang udah jadi fenomena terutama buat ibu bekerja spt gw.... well well....

No comments: